Munawarah, Siti (2016) Pengaruh interaksi belajar mengajar guru terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII MTs Darut Thayyibin Bungajam tahun 2015/2016. Other thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Munawarah151124014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh interaksi belajar mengajar guru terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII MTs Darut Thoyyibin Bungajam Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto dengan objek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Darut Thoyyibin Bungajam Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yaitu angket. Peneliti menggunakan angket yang terdiri dari angket interaksi belajar mengajar guru untuk mendapatkan data interaksi belajar mengajar guru dan angket minat belajar matematika untuk mendapatkan data minat belajar matematika. Adapun untuk analisis data peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan cara manual untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antar variabel. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai thitung= 11,15. Nilai ini selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh ttabel = 2,034 . Dari hal tersebut, diperoleh bahwa thitung>ttabel. Hasil angket interaksi belajar mengajar guru terdapat 0 orang siswa yang memiliki interaksi belajar mengajar guru tinggi atau 0%, 25 orang siswa memiliki interaksi belajar mengajar guru sedang atau 71% dan terdapat 10 siswa yang memiliki interaksi belajar mengajar guru rendah atau 29%. Pada angket minat belajar matematika terdapat 2 orang siswa memiliki minat belajar matematika sangat tinggi atau 6%, 13 orang siswa memiliki minat belajar matematika tinggi atau 37%, 13 orang siswa memiliki minat belajar matematika cukup atau 37% dan 7 orang siswa memiliki minat belajar matematika kurang atau 20%. Sehingga dari hasil ini menunjukkan ada pengaruh antara interaksi belajar mengajar guru terhadap minat belajar matematika siswa kelas MTs Darut Thayyibin Bungajam Tahun 2015/2016

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Belajar; Mengajar Guru; Minat Belajar; Matemata
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:16
Last Modified: 30 Jul 2024 04:16
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item