Ayu, I Gusti (2017) Pengaruh spiritual quotient dan emotional quotient terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI Di Sma Darul Falah Pagutan Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
I Gusti Ayu 151126257.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Spiritual QuotientdanEmotional Quotient terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi kelas XI di SMA Darul Falah Pagutan Mataram Tahun Pelajarn 2016/2017. penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yaitu ex post facto. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Spiritual Quotient dan Emotional Quotient terhadap Prestasi belajar adalah angket tentang SQ dan angket EQ. Angket ini disebar pada sampel yaitu siswa kelas XI SMA Darul Falah yang berjumlah 26 orang. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. pada nilai Spiritual Quotient (X1)menunjukkan bahwa Fhitung = 6,427 > F tabel (6,427 >4,26) untuk taraf kesalahan 5%. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Spiritual Quotient Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI Di SMA Darul Falah Pagutan Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Sedangkan pada hasil perhitungan Emotional Quotient (X2) menunjukann bahwa Fhitung = 3,400 < F tabel (3,400 < 4,26) untuk taraf kesalahan 5%, maka disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan Emotional Quotient Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas XI Di SMA Darul Falah Pagutan Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti merekomendasikan Siswa untuk lebih meningkatkan Spiritual Quotient terutama Emotional Quotient dalam menciptakan prestasi belajar yang tinggi, mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga kelas yang merupakan tempat siswa dalam menimbah ilmu dapat diterima dengan baik, menjadikan hidup lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Spiritual quotient; emotional quotient; prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 20 Sep 2022 23:55
Last Modified: 27 Sep 2022 02:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item