Hastuti, Riana (2023) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK Cendikia Rinjani Mandiri Di Dusun Lendang Bile Desa Bunut Baok Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Riana Hastuti 170110029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Motivasi anak usia dini untuk belajar di TK Cendikia Rinjani Mandiri; (2) Kendala apa yang dihadapi guru meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK Cendikia Rinjani Mandiri. Untuk mambahas rumusan masalah terseibut, penulis menggunakan metode. Adapun metode penelitian yang digunakan dapat dilihat dari jenis penelitiannya yaitu kualitatif. Serta dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara keseluruhan tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK Cendikia Rinjani Mandiri diantaranya strategi pembelajaran langsung, stategi pembelajaran tidak langsung, stategi pembelajaran interaktifPeningkatan motivasi belajar anak usia dini di TK Cendikia Rinjani Mandiri terbilang cukup baik, strategi dan metode pembelajaran dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik yaitu datangnya dari dalam diri siswa itu sendiri sehingga siswa mampu mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan sungguh-sungguh, sedangkan motivasi ekstrinsik yaitu kemampuan guru dalam memberikan penguatan dan dorongan kepada siswa dengan cara pemberian nilai, pemberian pujian, pemberian tugas serta hukuman, selain itu guru juga memberikan motivasi kepada siswa dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Motivasi dari luar pribadi siswa dapat diperoleh melalui bimbingan guru disekolah, lalu bimbingan orang tua dirumah. (2) Faktor kendala dan upaya strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di TK Cendikia Rinjani Mandiri menyimpulkan bahwa, alat dan media pembelajaran disekolah yang masih minim. kondisi lingkungan belajar yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru; motivasi belajar; anak usia dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:29
Last Modified: 05 Sep 2024 06:29
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6286

Actions (login required)

View Item View Item