Lestari, Ayu (2021) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen erbelanja di pasar tradisional (Studi Kasus Pada Konsumen Pasar Tradisional Terara, Desa Terara, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur-NTB). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
2021-ES-Ayu Lestari 170501225.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (39MB)

Abstract

INDONESIA "Pasar tradisional merupakan pasar yang tumbuh dan berkembang di masyarakat dengan pedagang asli pribumi. Menurut beberapa penelitian minat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: faktor harga, kelengkapan produk, lokasi, kenyamanan, pengaruh keluarga, pelayanan, kebutuhan konsumen dan ekonomi masyarakat. Namun dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti hanya menggunakan beberapa faktor yaitu faktor harga, kelengkapan produk dan lokasi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, kelengkapan produk dan lokasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat konsumen berbelanja dipasar tradisional Terara, Desa Terara, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur-NTB Desain penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua konsumen pasar tradisional Terara, Desa Terara, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur-NTB dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel-variabel yang signifikan mempengaruhi minat konsumen berbelanja di pasar tradisional Terara antara lain adalah harga (X1) dan kelengkapan produk (X2). Sedangkan variabel lokasi (X3) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen berbelanja di pasar tradisional Terara. Selanjutnya variabel harga, kelengkapan produk dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen berbelanja di pasar tradisional Terara. Pengaruh tersebut sebesar 45% sisanya 55% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: harga, Kelengkapan Produk, Lokasi, Minat Konsumen."
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Aug 2024 00:37
Last Modified: 29 Aug 2024 00:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item View Item