Sari, Anggun Lasmining (2016) Pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas IV di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif (studi kasus SDN 20 Mataram tahun pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Anggun Lasmining Sari 151126095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Sekolah inklusi adalah sekolah yang menampung semua murid di kelas yang sama. Antara siswa normal dan siswa berkebutuhan di tempatkan pada kelas yang sama, keadaan siswa mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran (perencanaa, penerapan, dan evaluasi) dan kondisi sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas IV bagi siswa normal dan siswa berkebutuhan yang meliputi; perencanaan, penerapan, dan evaluasi. (2) apakah sarana dan prasarana pembelajaran pada kelas IV sesuai dengan ketentuan sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. (3) kendala-kendala pada saat pelaksanaan pembelajaran tematik. (4) solusi dari kendala-kendala pelaksanaan pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengambil lokasi penelitian di SD Negeri 20 Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan; (1) RPP yang digunakan di kelas IV adalah RPP pada umumnya yang dimodifikasi sesuai dengan keadaan siswa. RPP yang dibuat oleh guru hanya satu sehingga siswa berkebutuhan mengikuti RPP siswa normal. Proses pembelajaran di kelas IV dengan menyatukan siswa normal dan siswa berkebutuhan pada kelas yang sama di bawah pengawasan guru kelas atau guru mata pelajaran. Guru mengajar lebih menekankan pada pendekatan individual dan membimbing siswa. Metode mengajar yang digunakan adalah metode ceramah, latihan, penugasan, dan tanya jawab. Evaluasi yang diberikan oleh guru dibedakan antara siswa normal dan siswa berkebutuhan. (2) sarana dan parasarana SDN 20 Mataram telah memenuhi standar yang cukup sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik; pendidikan inklusif; tunagrahita
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Rifqy Rosi Mulyadi
Date Deposited: 28 Dec 2021 01:42
Last Modified: 28 Dec 2021 01:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item