Munajib, Munajib (2017) Efektivitas kompetensi profesional guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematika siswa kelas X (Sepuluh) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Other thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Munajib151114077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas kompetensi professional guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematika siswa kelas X di MAN 2 Mataram tahun 2017. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling dengan sample penelitian adalah kelas X MIA Unggulan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes essay. Hasil observasi memberikan interpretasi terhadap kualitas kompetensi profesinal guru. Dan hasil tes essay memberikan gambaran kemampuan matematika siswa yakni kemampuan pemahaman dan penalaran. Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan uji homogenitas, normalitas dan korelasi product moment. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas dan dua variabel terikat sehingga paradigma penelitian yang digunakan adalah paradigma ganda dengan dua variabel terikat. Dari hasil uji homogenitas dan uji normalitas, populasi dinyatakan homogen karena  (3.0577 54,57) dan berdistribusi normal karena 2 hitung 2 tabel nilai Asymp Sig (2-tailed) lebih besar dari 0,05 dengan taraf α = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, tingkat efektivitas kompetensi professional guru menunjukkan sangat efektif karena nilai (X=15). Kedua, terdapat pengaruh efektivitas kompetensi professional guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa karena ( ). Ketiga, terdapat pengaruh efektivitas kompetensi professional guru dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa karena ( ). keempat, tidak terdapat pengaruh kemampuan pemahaman matematika siswa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa karena ( ). Taraf signifikan yang digunakan untuk menentukan nilai adalah α=5%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional; guru; pemahaman; penalaran; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 30 Jul 2024 03:00
Last Modified: 30 Jul 2024 03:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item