Rahmati, Laela (2024) Strategi coping mahasiswa tingkat akhir dalam menekan academic burnout pada pengerjaan tugas akhir di Fdik UIN Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
FDIK BKI LAELA RAHMATI.pdf-2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (28MB)

Abstract

INDONESIA "Menyelesaikan tugas akhir pada mahasiswa merupakan suatu kewajiban syarat mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Namun didalam penyelesaiannya banyak fenomena yang biasa terjadi pada setiap mahasiswa diantaranya adalah academic burnout yang sering muncul karena tantangan dan kesulitan yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi coping dan apa saja jenis-jenis academic burnout yang muncul pada saat mengerjakan tugas akhir Mahasiswa FDIK UIN Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, adapun subjek dalam penelitian ini adalah berjumlah 6 orang mahasiswa semester akhir dan sudah mampu menyelesaikan tugas akhir diantaranya 2 Mahasiswa KPI, 1 Mahasiswa PMI, 2 Mahasiswa BKI, dan 1 Mahasiswa MD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi coping yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir FDIK UIN Mataram dalam menekan academic burnout pada pengerjaan tugas akhir sangat bervariasi yakni meliputi coping yang focus pada masalah (problem-focused coping) dan coping berfokus pada emosi (emotional- focused coping). Namun demikian didominasi oleh coping berfokus pada emosi (emotional-facused coping). Kemudian jenis-jenis academic burnout yang muncul pada pengerjaan tugas akhir juga sangat beragam dilihat dari aspek-aspek academic burnout yakni kelelahan fisik, mental mapun emosional (exhaustion), sinis atau berjarak terhadap studi (cynicism), dan menurunnya keyakinan akademik (reduced academic efficacy).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Coping, Academic Burnout, iswa Tingkat Akhir"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:11
Last Modified: 15 Jul 2024 03:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6033

Actions (login required)

View Item View Item