Qurrattul Imtihanah, Baiq (2024) Analisis nilai-nilai program layanan bimbingan belajar pada anak berkebutuhan khusus disekolah Inklusi Mts Hidayatul Athfal Rebile Kabupaten Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
FDIK BKI BAIQ QURRU'TUL IMTIHANAH 200303099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (35MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah tentang pelayanan Bimbingan konseling pada anak berkebutuhan khusus (ABK), selama ini layanan Bimbingan konseling diperuntukkan untuk anak normal bermasalah dan anak berbakat istimewa, meskipun untuk ABK dengan berbagai keterbatasan belum menjadi bagian wilayah layanan BK, karena peneliti ingin melihat bagaimana guru menerapkan nilai-nilai layanan bk yang diberikan kepada guru disekolah inklusi meskipun mereka tidak ada basic dalam memberikan bimbingan konseling. Layanan Bk memiliki kedudukan yang sangat penting dilingkungan sekolah untuk membantu, mengatasi setiap permasalahan yang biasanya terjadi di berkaitan dengan bagaimana penerapan bimbingan belajar disekolah dll. Hal itu mempengaruhi pembelajaran pada abk disekolah inklusi tsb. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui program layanan bimbingan belajar pada abk dalam memberikan pembelajaran pada ABK. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan desktiptif. Subjedalam penelitian ini adalah kepala sekolah guru mata pelajaran, analisis data yang digunakan yaitureduksi data, pengumpulan data , penyajian data dan verifikasi data. Dari analisis yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa proses pemberian layanan nilai-nilai program layanan bimbingan belajar menggunakan asas-asas pada BK yaitu asas kesukarelaan, kegiatan kemandirian dan tut wuri handayani hal ini dilakukan oleh guru dengan tujuan adanya perubahan dari abk maupun normal. Melihat hasil wawancara, observasi serta temuan peneliti mengatakan bahwa program layanan bimbingan belajar pada siswa ini mampu berjalan dan diterima baik pleh siswa, karena siswa abk sedikir demi sedikit mampu merubah kepribadian dan pengetahuan sesuai dengan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: program layanan, ABK, Bimbingan Belajar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:20
Last Modified: 15 Jul 2024 01:20
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6027

Actions (login required)

View Item View Item