Nurainun, Nurainun (2023) Dampak alat permainan edukatif terhadap pengenalan huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NW Sayang-Sayang. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurainun 200110132 (skripsi).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak kelas A(4-5 tahun) menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak usia dini belum berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dari banyaknya anak yang memiliki keterlambatan pada kemampuan tersebut. Ada anak yang masih mengalami keterlambatan dalam menyebutkan huruf hijaiyah misalnya anak masih bingung membedakan huruf-huruf hijaiyah yang memiliki kemiripan, belum bisa membedakan tanda baca seperti fathah, dhomah, dan anak kurang memperhatikan dan mendengarkan ketika guru menyampaikan materi yang akan diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana cara guru dalam mengajarkan huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia dini di RA Muslimat NW Sayang-sayang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian Dampak Alat Permainan Edukatif Terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NW Sayang-sayang. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah guru dan pesarta didik. Sedangkan sumber data sekundernya yaitu dokumen, arsip dan data lainnya. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa penerapan Alat Permainan Edukatif huruf hijaiyah dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintifik, yang kegiatanya diawali dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kemampuan mengenal anak dengan adanya APE ini dapat berkembang dengan baik, dengan APE dapat membantu dan memudahkan dalam kegiatan belajar serta memudahkan dalam berkomunikasi dengan anak, dengan diterapkannya APE huruf hijaiyah anak-anak lebih bersemangat dan antusias dalam belajar. Hal tersebut dibuktikan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah Sudah Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 30%, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 50%. Anak mampu mencapai indikator dalam mengenal huruf hijaiyah melalui APE huruf hijaiyah. Terlihat anak mampu mengenal huruf, bunyi dari huruf, menirukan pelafalan huruf hijaiyah sesuai makhroj dan tanda baca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif, Pengenalan Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:49
Last Modified: 11 Jun 2024 02:49
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5982

Actions (login required)

View Item View Item