Agustina, Lita (2024) Strategi guru dalam mengembangkan aspek bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Baiturrahman Jempong Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lita Agustina 200110057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa pada anak yang dilakukan oleh guru melalui strategi-strategi yang diterapkan pada anak usia dini. Strategi guru adalah tindakan yang dilakukan oleh guru secara terus menerus dalam mengembangkan berbagaimacam aspek perkembangan pada anak, dapat dijelaskan bahwa perkembangan bahasa sangatlah penting untuk dikembangkan, karena bahasa sangatlah berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa pada anak usia 4-5 tahun diidentifikasi dengan partisipasi dalam percakapan, memyimak perkataan orang lain, menjawab pertanyaan sederhana, dan membaca gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ""Bagaimana strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan aspek bahasa anak usia 4-5 tahun di Tk Baiturrahman Jempong Barat?"" dan ""Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan aspek bahasa anak usia 4-5 tahun diTK Baiturrahman Jempong Barat?"" tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan aspek bahasa pada anak di TK Baiturrahman Jempong Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif deskriptif dengan subjek penelitin guru dan siswa. Alat pengumpul data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa strategi yang dilkukan oleh guru dalam mengembangkn aspek bahasa pada anak yaitu dengan cara menumbuhkan minat belajar anak dengan berbagaimacam strategi pembelajaran, meminta anak menunjuk huruf yang ditulis oleh guru, dan meminta anak untuk menebalkan huruf-huruf abjad. Selanjutnya yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan aspek bahasa anak yaitu dari faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru dan Perkembngan bahasa"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:30
Last Modified: 10 Jun 2024 07:30
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5974

Actions (login required)

View Item View Item