Hazmi, Leni (2023) Implementasi kegiatan jum’at berkah untuk menanamkan nilai-nilai religius anak usia dini di TK Beriuk Tinjal Desa Pematung Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
LENI HAZMI 200110103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya menanamkan nilai- nilai agama dan moral anak melalui pendidikan Taman Kanak-Kanak. Menanamkan nilai-nilai religius anak usia dini perlunya komitmen beragama yang kuat, guru dan orang tua berperan penting memberikan keteladanan yang baik pada anak dengan menciptakan sebuah lingkungan yang baik dan memberikan contoh-contoh berperilaku atau bertindak yang nyata dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan kegiatan Jum'at berkah untuk menanamkan nilai-nilai religius anak usai dini melalui kegiatan ayat-ayat pendek, praktik whudu, sholat dhuha bersama, membaca do'a sehari-hari dan berinfak. Fokus yang disajikan dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana Implementasi Kegiatan Jum'at untuk Menanamkan Nilai religius Anak Usia Dini? 2. Faktor Penghambat dan Pendukung Kegiatan Jum'at? Penelitian ini dilakukan di TK Beriuk Tinjal Desa Pematung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru dan anak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara serat dokumentasi. Dan analisis dan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) implementasi kegiatan Jum'at berkah sudah mampu di laksanakan oleh perserta didik dengan baik karena guru rutin membiasakan anak melaksanakan kegiatan tersebut diantaranya: a). menghafal ayat-ayat pendek, b). praktik whudu, c). praktik shalat, d). membaca do'a sehari-hari, e). kegiatan berinfak. Guru menggunakan metode pembiasaan, keteladanan, nasihat, reward dan punishment dan karya wisata metode sengat berpengaruh terhadap keberhasilan proses penanaman nilai-nilai religius anak usai dini. Nilai- nilai religius yang di berikan pada anak akan menjadi bekal dan pondasi yang kuat dalam diri anak. Nilai-nilai yang ditanamkan pada peserta didik antara lain; nilai ibadah, nilai jihad, nilai amanah dan ikhlas, nilai akhlak dan kedisiplinan dan nilai keteladanan, (2) faktor penghambat dan pendukung kegiatan Jum'at berkah antara lain: a) faktor penghambat; kurangnya dukungan dan perhatian dari orang tua, kekurangan ruang kelas, cuaca, ketidak nyamanan saat pembelajaran, kurangnya pengawasan guru. b) Faktor pendukung; faktor minat dan motivasi, faktor sarana dan prasarana, kinerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Jum'at Berkah, Nilai-Nilai Religius, Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:17
Last Modified: 10 Jun 2024 07:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5973

Actions (login required)

View Item View Item