Hikmawati, Hikmawati (2023) Strategi guru dalam pembelajaran calistung pada anak usia 5-6 Tahun di Paud Al-Ikhlasiyah Desa Perampuan Kecamatan Labuapi Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
HIKMAWATI_200110122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pembelajaran calistung pada anak, kendala guru dan solusi dalam mengajar pembelajaran calistung serta mengetahui kemampuan anak dalam belajar calistung di PAUD Al-Ikhlasiyah Desa Perampuan Kecamatan Labuapi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana sumber data diperoleh dari data primer yaitu guru dan kepala sekolah sebagai data pendukung sedangkan sumber data sekunder berupa hasil dokumentasi seperti catatan hasil observasi dan wawancara serta foto yang berkaitan dengan strategi guru dalam pembelajaran calistung pada anak usia 5-6 tahun. Menggunakan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembelajaran calistung di PAUD Al-Ikhlasiyah Desa Perampuan Kecamatan Labuapi memiliki empat macam strategi yang digunakan antara lain:(1) Strategi pembelajaran calistung melalui bermain. (2) Strategi pembelajaran calistung melalui bernyanyi. (3) Strategi pembelajaran individual dan (4) Strategi pembelajaran kelompok. Adapun kendala yang dihadapi guru ketika mengajar pembelajaran calistung antara lain: Pertama, Kurangnya kompetensi guru dimana solusi yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengikuti pelatihan atau worskop. Kedua, fasilitas yang kurang memadai solusinya yaitu pendidik dapat memanfaatkan media yang ada, mengajukan dana kepemerintah dan Ketiga, faktor anak solusinya yaitu dengan cara memberikan sanjungan, pujian verbal, mengaktifkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran." "Dan kemampuan anak dalam belajar calistung yang ada di PAUD Al- Ikhlasiyah sudah dikatakan mampu dimana anak sudah mampu menyebutkan simbol-simbol huruf abjad dan angka, mampu membedakan huruf vocal dengan konsonan, anak mampu memahami bunyi dan bentuk huruf, anak mampu membaca gambar beserta kata dan kalimat dengan benar, anak sudah mampu memegang pensil dengan benar, mampu menjiplak dan meniru bentuk, mampu menggambar dengan imajinasinya, mampu menulis beberapa suku kata dan nama sendiri bahkan anak sudah mampu menulis kalimat, anak juga sudah mampu mengenal angka 1-20 bahkan lebih, mampu mengurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya, mampu menyebutkan benda sesuai dengan jumlahnya, mampu mencocokkan bilangan dengan angka dan anak sudah mampu menghitung penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, pembelajaran calistung, anak usia dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:22
Last Modified: 10 Jun 2024 03:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5969

Actions (login required)

View Item View Item