Rizky Husmayadi, Erina (2023) Upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan kolase kelompok b usia (5-6 tahun) di Raudhatul Athfal (RA) MIN Karang Baru Mataram. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Erina Rizky Husmayadi 200110060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian peneliti terhadap Upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan kolase kelompok B. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan kolase kelompok B. (2) untuk mengetahui kemampuan kretivitas anak usia dini melalui kegiatan kolase kelompok B. (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat Upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan kolase kelompok B usia (5- 6 tahun) di Raudhatul Athfal (RA) MTN Karang Baru Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil wawancara bersama guru dan Anak-anak kemudian data sekunder yaitu observasi kegiatan upaya guru dan kegiatakan kreativitas anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengamatan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Kemudian melakukan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengematan, trianggulasi teknik, trianggulasi sumber dan kecakupan refrensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan kolase diantara lain sebagai berikut: (1) guru memberikan arahan dan bimbingan; (2) guru memberikan bahan-bahan yang menarik dan beragam; (3) guru memberikan kebebasan dalam berkreasi; (4) guru memberikan waktu yang cukup. Kemampuan kreativitas melalui kegiatan kolase pada anak di Raudhatul Athfal (RA) MTN Karang Baru Mataram, terlihat sangat lancar dalam melakukan kegiatan kolase, (1) anak mampu berimajinasi; (2) anak mampu berpikir kreatif; (3) anak mampu menguraikan hasil karya yang dibuatnya dengan rinci dan jelas. Selain itu, adapun faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan kolase yaitu, sarana prasarana dan fasilitas pembelajaran. Selain faktor pendukung adapun faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan kreativita anak yaitu, karakteristik anak diri anak tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kreativitas anak usia dini, Kegiatan Kolase
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:09
Last Modified: 07 Jun 2024 07:09
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5966

Actions (login required)

View Item View Item