Kurniawati, Devi (2023) Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama pada anak usia dini di TK Pertiwi Monjok Timur Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Devi Kurniawati 200110016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama dan untuk mengetahui sikap toleransi yang muncul pada anak usia dini di TK Pertiwi Monjok Timur Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan fokus penelitian peran guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama pada anak usia dini di TK Pertiwi Monjok Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah guru dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen, arsip, dan data lainnya. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa a) guru sebagai pembimbing, guru membimbing anak dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama seperti guru mengajarkan anak sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan agama yang diyakininya, b) guru sebagai teladan, guru memberikan contoh kepada anak untuk saling menghormati, menghargai, tidak menganggu teman yang lain saat beribadah, dan menerima perbedaan pendapat, c) guru menanamkan nilai-nilai toleransi beragama melalui pola pembiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang setiap harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Nilai-nilai Toleransi Beragama, Anak Usia Dini"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:26
Last Modified: 07 Jun 2024 06:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5965

Actions (login required)

View Item View Item