Alisyawati, Arum Strategi guru dalam mengatasi kecemasan (Anxiety) anak usia dini di RA An-Nazif Desa Pejanggik Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Arum Alisyawati 200110069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menggali lebih dalam tentang anak yang mengalami kecemasan sekolah di RA An-Nazif. Peneliti mencari apa saja bentuk perilaku yang timbul dari anak yang mengalami kecemasan, faktor apa saja yang menjadi pemicu timbulnya kecemasan, dan terakhir bagaimana cara guru untuk mengatasi kecemasan yang terjadi pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti memilih pendekatan kualitatif untuk dapat memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang keadaan objek penelitian. Pendekatan kualitatif deskriptif memberikan keleluasaan bagi peneliti untuk menarasikan keadaan real yang ada di lapangan. Sumber data peneliti adalah guru dan orang tua siswa yang mengalami kecemasan. Kemudian data-data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mendapatkan keterangan tentang keadaan siswa yang mengidap kecemasan dari orang tua dan guru. Teknik observasi digunakan untuk melihat bagaimana keadaan real dari siswa yang mengidap kecemasan. Terakhir teknik dokumentasi peneliti gunakan untuk mendapatkan data- data dari sekolah. Setalah data dikumpulkan, peneliti menganalisis data tersebut dengan 3 tahapan teknik, yakni reduksi data, penyajian data, analisis dan penarikan kesimpulan. Ketika peneliti sudah menarik kesimpulan, peneliti menguji kembali hasil penelitian ini dengan mengecek kembali keabsahan data yang telah ditemukan menggunakan teknik triangulasi data dan perpanjangan pengamatan. "Hasil penelitian dari fakta lapangan adalah bahwa gejala kecemasan yang timbul dari dua anak ini adalah Menangis, takut, tidak mau ditinggal, Berkeringat dan buang air secara tiba-tiba, gugup, merasa terancam dan tidak focus. Kemudian factor penyebab munculnya kecemasan adalah ketergantungan pada orang dewasa, tidak nyaman dengan teman, tidak memiliki rasa sosialisasi dengan orang maupun lingkungan, kemudian strategi yang digunakan untuk mengatasi kecemasan adalah reward, Perhatian, dan kerjasama antara guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Anak Usia Dini, Gejala, Penyebab, Strategi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:03
Last Modified: 07 Jun 2024 03:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5961

Actions (login required)

View Item View Item