Supiati, Supiati (2023) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas I di MIN 3 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Supiati 190106076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian penulis tentang peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas I di MIN 3 Kota Mataram. Kesulitan belajar siswa adalah suatu kondisi dimana siswa belum dapat menghadapi desakan-desakan yang dilakukan dalam proses pembelajaran sehingga proses dan hasilnya kurang maksimal. Ini terjadi karena kesanggupan siswa untuk melaksanakan tugas yang tidak sebanding dengan desakan pembelajaran. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terjadi karena faktor-faktor tertentu seperti faktor psikologi, faktor fisiologi, faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor tempat tinggal. Peran guru adalah membimbing siswa yang kesulitan dalam belajar. Untuk itu, peran guru sangat penting dalam mendidik dan mengajar peserta didik. Jenis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa MIN 3 Kota Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data (reduction), penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitiannya menunjukkan (1) kesulitan belajar siswa kelas I adalah: (a) kesulitan membaca (disleksia), (b) kesulitan menulis (disgrafia), (c) kesulitan berhitung (diskalkulia). (2) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas I adalah: (a) siswa yang tidak melalui jalur TK/RA/PAUD, (b) kurangnya konsentrasi belajar, (c) kurangnya perhatian orang tua. (3) peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas I adalah: (a) guru sebagai pemberi stimulus/rangsangan, (b) guru sebagai pembimbing, (c) guru sebagai pemberi motivasi, (d) melakukan program pembinaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran Guru, Kesulitan Belajar, Siswa, MIN"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:49
Last Modified: 06 Jun 2024 06:49
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item