Patmawati, Patmawati (2023) Pengaruh model project based learning (pjbl) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN 1 Ampenan Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Patmawati 200106117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Ampenan menunjukkan bahwa di dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPAS belum mengasah kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini terjadi karena berpikir kreatif anak sering dibatasi oleh guru. Upaya untuk mengatasi kemampuan berpikir kreatif siswa yang kurang tersebut, yaitu dengan menggunakan model Projet Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 1 Ampenan Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang dipakai yakni pretest posttest control group design. Sampel yang digunakan yakni semua kelas IV di SDN 1 Ampenan yaitu kelas IV A dan IV B dengan jumlah 61 siswa dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling (sampling jenuh). Selanjutnya sampel tersebut dibagi menjadi kelas eksperimen serta kelas kontrol. Adapun yang menjadi kelas eksperimen yakni kelas IV A yang berjumlah 30 siswa serta kelas kontrol yakni kelas IV B yang berjumlah 31 siswa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini memakai instrumen tes, observasi, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini menyatakan dari hasil uji-t didapatkan nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 1 Ampenan Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model, Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Berpikir Kreatif"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:55
Last Modified: 06 Jun 2024 03:55
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5952

Actions (login required)

View Item View Item