Ajrina, Nur (2023) Peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa melalui metode lattice pada muatan matematika di Kelas III MIN 3 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nur Ajrina 190106180.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung perkalian siswa kelas III MIN 3 Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa melalui metode lattice di kelas III MIN 3 Kota Mataram. Metode lattice dipilih karena dapat mendorong siswa untuk memperoleh pengetahuan dan melatih berbagai kemampuan intelektual siswa khususnya matematika agar peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa lebih baik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Tanggart. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan dalam satu kelas. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa melalui metode lattice. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian adalah apabila perhitungan persentase kemampuan berhitung siswa mencapai � 80% berada pada kategori baik dan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa di kelas. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa melalui penggunaan metode lattice dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa kelas III MIN 3 Kota Mataram. Hal ini dibuktikan pada siklus I dengan nilai rata-rata siswa adalah 69,41 dengan ketuntasan kemampuan berhitung sebanyak 61,76% dan dapat dikategorikan tidak tuntas, dengan jumlah siswa sebanyak 13 siswa yang tidak tuntas dan 21 siswa yang tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 81,47 dengan ketuntasan kemampuan berhitung sebesar 94,11% dan dapat dikategorikan tuntas dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa. Jadi pada siklus ini terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 12,06% dan dapat dikatakan tuntas dalam belajar karena ketuntasan kemampuan berhitung meningkat sebanyak 32,35%%. Dengan demikian melalui penggunaan metode lattice dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung Perkalian, Metode Lattice"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:34
Last Modified: 06 Jun 2024 03:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5951

Actions (login required)

View Item View Item