Rohali, Nurauliya (2024) Analisis Butir Soal Pada Buku Paket Bahasa Arab Siswa Kelas IX Semester Ganjil Madrasah Tsanawiyah Negeri. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurauliya Rohali 200102119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Rendahnya mutu pembelajaran bisa disebabkan oleh rendahnya kualitas bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar bisa berupa buku paket/buku ajar dan lembar kerja siswa (LKS). Kualitas buku paket yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran. Banyak sekolah yang menggunakan buku paket sebagai bahan ajar untuk masing-masing mata pelajaran. Pembelajaran untuk mata pelajaran bahasa Arab menggunakan buku paket. Buku paket tersebut belum pernah dianalisis kualitas soalnya, sehingga penelitian ini dilakukan untuk menganalisis butir soal akhir semester ganjil pada buku paket tersebut. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif studi pustaka. Metode yang digunakan adalah studi pustaka. Studi Pustaka yaitu metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari literatur yang berhubungan dengan penelitian. Pengumpulan data yaitu dengan cara mencari sumber dan merkontruksi dari berbagai sumber seperi buku, jurnal dan riset-riset yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal ujian semester ganjil pada buku paket bahasa arab memiliki Kualitas latihan ujian semester pertama ditinjau dari mata pelajaran, hasil yang diperoleh adalah 7 soal tidak sesuai indikator, dan terdapat 13 soal yang sesuai dengan indikator. Oleh karena itu, pertanyaan ini dapat dikatakan sebagai pertanyaan yang baik karena pertanyaan yang baik adalah pertanyaan yang sesuai dengan indikator-indikatornya jika ditinjau dari segi materi. Cakupan soal pilihan ganda secara komprehensif pada taraf kognitif Bloom, soal-soal tersebut masih berada pada taraf berpikir rendah karena masih pada taraf: Pemahaman C2 dengan 5 soal (7, 10, 15, 18, 19) dan Penerapan C3 dengan 12 soal (1, 2, 3, 4, 8, 9, 11, 12,14, 16, 17, 20) dan adapun analisis C4 ada 3 soal (5, 6, 13).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Butir Soal, Buku Paket"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:36
Last Modified: 03 Jun 2024 02:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5918

Actions (login required)

View Item View Item