Adrianti, Fiska (2023) Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan i'rob kelas Viii Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) Wustha Al-Ishlahul Ittihad Jabon Tentan. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
FISKA ADRIANTI 200102077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini berhubungan dengan metode mind mapping bertujuan untuk meningkatkan kemampuan T'rab siswa. Kitab kuning merupakan salah satu karakteristik yang melekat pada pembelajaran bahasa arab dapat di fungsikan sebagai refrensi Di butuhkan ilmu-ilmu lain seperti bahasa arab, nahwu, sharaf agar bisa mempelajari kitab kuning. Adapun konsep yang paling penting dalam membaca kitab adalah memahami ilmu alat seperti Nahwu dan sharaf. TTmu Nahwu merupakan salah satu cabang pengetahuan tradisional islam terpenting, khususnya terkait dengan masalah kebahasaan. Dalam paradigma ilmu Nahwu yang tidak bisa terlepas dari Bahasa Arab. Adapun salah satu karakteristik Bahasa Arab yang unik dan tidak dimiliki oleh bahasa-bahasa lain adalah bahasa arab memiliki sistem T'rab yang di bahas dalam ilmu nahwu. Adapun Fokus yang di kaji dari Skripsi ini adalah, Adakah pengaruh pembelajaran bahasa arab mengunkan metode Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan T'rab? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif jenis Ekperimen One group pretest-posttest sebagai metode penelitian dengan menggunakan wawancara, kuisioner, tes dan dokumentasi sebagai instrumen dalam mengumpulkan data. Kuisioner diberikan pada masing- masing siswa untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran bahasa Arab bisa dibahasakan oleh siswa dalam kemampuan T'rab serta untuk mengetahui akan metode pembelajaran yang sesuai dengan siswa sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil pencapaian siswa setelah peneliti menerapkan metode mind mapping, dalam tes tersebut peneliti" "menggunakan media. Sujek penelitian ini adalah siswa kelas VTTT PPS Wustha Al-Tshlahul Tttihad yang terdiri dari 34 siswa. Peneliti menggunakan data analisis kuantitatif dalam menghitung analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan T'rab siswa artinya, juga terdapat pengaruh Metode Mind Mapping dalam kemampuan T'rab siswa sehingga ada peningkatan. Hal ini bisa dilihat dari hasil pengujian hipotesis yaitu terima Hl dan tolak HO dengan kriteria thitung > ttabel maka hasil yang didapatkan adalah ttabel=l.995 dan thitung= l7.332 maka l7.332 > l.995 artinya terima Hl dan tolak HO. Dengan demikian terdapat peningkatan pada kemampuan T'rab siswa dengan menerapkan metode Mind Mapping pada kelas VTTT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode Mind Mapping, Kemampuan T'rab"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 31 May 2024 06:25
Last Modified: 31 May 2024 06:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5909

Actions (login required)

View Item View Item