Sofa Rizka, Shania (2023) Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Pada Siswa Sma Negeri 1 Praya. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Shania Sofa Rizka (190103038).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONEIA "Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya penelitian tentang hasil dari penerapan pembelajaran berbasis STEM, sedangkan belum banyaknya penelitian yang mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis STEM. Penelitian ini bertujun untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika berbasis STEM di SMA. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, partisipan dalam penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru matematika dan kelas XI-5 semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, sedangkan untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) perencanaan pembelajaran matematika berbasis STEM, kepala sekolah dan waka kurikulum memberikan pelatihan dan menyiapkan guru untuk penerapan pembelajaran berbasis STEM di kelas agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran dan penyusunan RPP dan guru matematika membentuk sebuah grup sesama guru matematika untuk mendikusikan komponen dan pendekatan STEM yang akan digunakan. (2) pada pelaksanaanya siswa diminta aktif dalam kegiatan dan mampu menyelesaikan masalah, karena di dalam kelas guru hanya sebagai fasilitator dan siswa adalah pusat kegiatan pembelajaran dan (3) evaluasi dilakukan dengan lima aspek, meliputi kualitas pembelajaran, perkembangan keterampilan STEM, kemajuan siswa dalam kerja kelompok, sikap dan perkembangan kepercayaan diri, dan pemahaman siswa tentang matematika. Adapun manfaat pembelajaran matematika berbasis STEM adalah guru lebih mengetahui pembelajaran berbasis STEM, sedangkan untuk siswa pembelajaran matematika berbasis STEM ini dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih percaya diri dan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 May 2024 02:56
Last Modified: 29 May 2024 02:56
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5881

Actions (login required)

View Item View Item