Ruskini, Ruskini (2024) Komparasi hasil belajar siswa antara penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan buku teks pada materi pola bilangan kelas VIII. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ruskini 170103042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan buku teks pada materi pola bilangan kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Hikmah NW Jeruk Manis tahun ajaran 2023/2024. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas VIII. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling ,jenis sampel ini tidak dipilih secara acak, yaitu dengan sampling jenuh yaitu metode penarikan sampel bila semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 38 siswa pada MTs Darul Hikmah NW Jeruk Manis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes yang terdiri dari soal post-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan LKS dan Buku Teks pada materi pola bilangan kelas VIII. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan uji T-test dengan taraf signifikasi 0.05. Hasil uji hipotesis nilai thitung sebesar 0,220 dan ttabel sebesar 2,242.. Jika thitung < ttabel maka HO ditolak dan Ha diterima, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa : ada perbedaan hasil belajar matematika antara penggunaan Lembar Kerja Siswa dan buku teks pada materi pola bilangan kelas VIII dengan rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 71,66 dan untuk kelas kontrol dengan rata-rata 68,5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Teks, Pola Bilangan, Hasil Belajar."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 May 2024 02:27
Last Modified: 29 May 2024 02:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5880

Actions (login required)

View Item View Item