Sukiman, Maman (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri garis dan sudut Kelas VII Semester 2 SMP Islam Darunnadwah Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Maman Sukiman 180103064 12.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang penerapannya terdiri dari dua siklus, yang masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi, dengan tujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri (garis dan sudut) kelas VII semester 2 SMP Islam Darunnadwah Dasan Ketujur di kecamatan Gerung Lombok Barat tahun pelajaran 2022/2023. Subyek dari penelitian ini adalah kelas VIIb yang terdiri dari 25 siswa dengan pokok bahasan garis dan sudut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua cara yaitu metode tes, dan metode observasi. metode tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa, adapun instrumen yang digunakan adalah daftar tes hasil belajar siswa. Data mengenai hasil belajar siswa di ambil dari kemampuan kognitif siswa dalam memecahkan masalah dianalisis dengan menghitung ketuntasan belajar.yang meliputi nilai rata-rata siswa dan presentase ketuntasan belajar siswa, serta kriteria yang di capai oleh siswa. Sedangkan Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang langkah belajar siswa selama proses pembelajaran, adapun instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yakni pada siklus I sebesar 67,2 dengan presentase ketuntasannya 52% yang berada pada kriteria Rendah (R), dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar" "75,04 dengan presentase ketuntasannya 84% berada pada kriteria Baik (B). Untuk nilai rata-rata observasi siswa pada masing-masing siklus, yakni pada siklus I sebesar 4,4 dengan presentase ketuntasan 73,3% yang berada pada kriteria Cukup Baik (CB), pada siklus II diperoleh nilai rata- rata sebesar 5,4 dengan persentase ketuntasan sebesar 90% berada pada kriteria Sangat Baik (SB). Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Geometri Garis dan Sudut kelas VII semester 2 SMP Islam Darunnadwah di kec. Gerung Lombok Barat tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, tipe think pair share (TPS), dan hasil belajar."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 May 2024 06:14
Last Modified: 28 May 2024 06:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5870

Actions (login required)

View Item View Item