Rachmat Alfath Cahyadi, Lalu (2023) Pengaruh model pembelajaran circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lalu Rachmat Alfath Cahyadi 190103043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menjawab soal pemecahan masalah. Penerapan model pembelajaran yang masih berfokus pada guru, sehingga pada proses pembelajaran siswa hanya bersifat pasif. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa serta menerapkan model pembelajaran dimana siswa aktif dalam proses pembelajaran, maka pemilihan model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) yaitu model pembelajaran berkelompok yang berfokus pada kemampuan membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, dimana populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 69 siswa sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Waktu dan tempat penelitian yaitu SMPN 4 Kuripan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Instrument pada penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji t independen. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah menggunakan pembelajaran model pembelajaran CIRC lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran direct learning. (2) hasil pengujian dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan a=0.05 untuk menguji hipotesis penelitian dan diperoleh hasil perhitungan dimana t hitung=11.21>t tabel=1.680. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition), Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 May 2024 02:16
Last Modified: 28 May 2024 02:16
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5869

Actions (login required)

View Item View Item