Sopiana Ulandari, Ilian (2024) Peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 MI Anjum NW Eyat Bintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ILIAN SOPIANA ULANDARI-180106139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal peneliti yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung. Hal ini terjadi karena kurangnya fokus dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang mengakibatkan tujuan dari pembelajaran tidak tercapai yang berdampak pada prestasi belajar siswa. Fokus yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana meningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ada beberapa instrumen yang digunakan yaitus tes, lember observasi guru, lembar observasi siswa dan dokumentasi. Analisis menggunakan data kualitatif dan kuantitatif adapun indikator keberhasilan penelitian ini dikatakan berhasil apabila prestasi siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal >80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajatan kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang diharapkan mampu menjadikan suasana kelas menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat dapat dilihat dari data angket prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan jumlah nilai 15,3%, yaitu pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 75,4% dengan kategori cukup, pada siklus II dengan nilai rata-rata 90,70% dengan kategori sangat tinggi. Adapun data yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dengan jumlah 16,67%, memperoleh nilai rata-rata dari siklus I 69,99% dengan kategori rendah, pada siklus II hasil observasi guru dengan nilai rata-rata 86,66% dengan kategori tinggi. Demikian juga dengan data yang diperoleh dari data observasi aktivitas siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah 12,5%, memperoleh nilai rata-rata 68,33% dengan kategori rendah, pada siklua II hasil observasi siswa dengan nilai rata-rata 80,83%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT)"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 May 2024 01:50
Last Modified: 28 May 2024 01:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5868

Actions (login required)

View Item View Item