Tihul Farihan, Fawa (2023) Analisis capaian pembelajaran matematika kurikulum merdeka terkait stem pada jenjang SD sederajat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fawa Tihul Farihan 200103043 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap perubahan kurikulum di Indonesia. Hingga saat ini, perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka masih menjadi topik hangat dalam dunia pendidikan. Belum banyak kajian penelitian mengenai konten Kurikulum Merdeka, terutama pada pembelajaran matematika dan kesesuaian hubungannya dengan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Capaian Pembelajaran matematika Kurikulum Merdeka pada jenjang SD Sederajat, dan (2) Mendeskripsikan analisis Capaian Pembelajaran matematika terkait STEM pada jenjang SD Sederajat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Content analysis (analisis isi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi dokumentasi, data yang didapat berupa dokumen pemerintah terkait Capaian Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka dan standar STEM berupa Crosscutting Concepts dan Science and Engineering Practice). Penelitian ini dimulai dengan (1) Memilih konten yang akan dianalisis; (2) Menentukan unit dan kategori analisis; (3) Mengembangkan aturan coding; (4) Melakukan coding berdasarkan aturan coding; (5) Menganalisis hasil dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Capaian Pembelajaran Matematika pada jenjang SD Sederajat ada tiga fase yaitu, Fase A, B dan C. Masing-masing fase memuat lima elemen yaitu Bilangan, Aljabar, Pengukuran, Geometri, Serta Analisis Data dan Peluang; dan (2) Tidak banyak Capaian Pembelajaran Matematika pada jenjang SD Sederajat yang dapat dikaitkan dengan standar STEM. Capaian Pembelajaran matematika pada jenjang SD sederajat yang banyak dikaitkan dengan standar STEM berdasarkan pembahasan hanya terdapat pada elemen Aljabar, Geometri serta Analisis Data dan Peluang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, STEM, Capaian Pembelajaran, SD Sederajat, Matematika."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 May 2024 07:23
Last Modified: 27 May 2024 07:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item View Item