Noviani, Elisa (2024) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perpangka untuk akar berdasarkan gaya belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Elisa Noviani_190103024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan unntuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perpangkatan dan bentuk akar berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas TX MTs Tttihadil Ummah Karang Anyar yang berjumlah 14 subjek. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan wawancara. Angket yang diberikan adalah angket gaya belajar. Tes berbentuk soal uraian. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan prosedur Kastolan yakni kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknikal. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan persentase 71,43%, dimana 8 siswa cenderung melakukan kesalahan terhadap kesalahan prosedural dan teknikal dan 1 siswa melakukan kesalahan terhadap kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknikal. Namun 2 siswa tersebut cenderung tidak melakukan kesalahan pada soal bentuk akar. Hal ini yang melakukan kesalahan terhadap soal perpangkatan yaitu sebanyak 8 siswa cenderung melakukan kesalahan konseptual, prosedural dan teknikal terhadap soal perpangkatan. Siswa yang memiliki gaya belajar auditori dengan persentase 21,43%, dimana 3 siswa tersebut cenderung melakukan kesalahan prosedural dan kesalahan teknikal pada soal bentuk akar. Namun 1 siswa cenderung melakukan kesalahan konseptual. Namun 2 siswa cenderung melakukan kesalahan konseptual, prosedural dan teknikal terhadap soal perpangkatan. Dimana siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan persentase 7,14%. Hal ini 1 siswa cenderung melakukan kesalahan konseptual dan teknikal pada soal bentuk akar. Untuk soal perpangkatan tersebut hanya 1 siswa cenderung melakukan kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Siswa, Perpangkatan dan Bentuk Akar, Gaya belajar siswa"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 May 2024 07:01
Last Modified: 27 May 2024 07:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5864

Actions (login required)

View Item View Item