Andrean, Andrean (2023) Pengaruh pembelajaran matematika berbasis stem terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD IT An Nujaba’. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Andrean 190103033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan berpikir abad 21 yang sangat penting bagi siswa, namun faktanya kemampuan ini masih kurang pada siswa karena kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran matematika berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi. Sebanyak 20 orang siswa Kelas V SDTT An Nujaba' Mataram dilibatkan sebagai sampel yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan uji t (paired-sample t test). Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi = 0,000 ::; 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran matematika berbasis STEM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika berbasis STEM yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian merekomendasikan pentingnya melibatkan siswa dalam pembelajaran berbasis STEM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir kreatif, Pembelajaran Matematika Berbasis STEM."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 May 2024 06:37
Last Modified: 27 May 2024 06:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5862

Actions (login required)

View Item View Item