Wirawan, Ihsan (2023) Pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Kerajinan di Ntb Mall. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ihsan Wirawan 160203221 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Di era perdagangan bebas dan persaingan global yang semakin ketat, setiap perusahaan perlu siap menghadapi persaaingan bisnis yang membutuhkan strategi inovasi. Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terutama industri kreatif menghadapi tingkat persaingan yang tinggi, terutama dalam memproduksi produk sejenis. Perusahaan harus mampu menghasilkan produk baru yang berbeda dan lebih baik dari pesaing untuk memenuhi tuntutan konsumen yang semakin kritis. Inovasi juga penting dalam mencapai tujuan akhir perusahaan, meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan. Oleh karna itu, studi ini mencoba melakukan Analisa kuantitatif terhadap pengaruh kedua variabel inovasi produk dan kinerja pemasaran. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kerajinan di NTB Mall. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, dimana mencari hubungan pengaruh antar dua variabel atau lebih. Sampel yang digunakan dalam proses penelitian berjumlah 112 sampel yang berasal dari industri kerajinan di NTB Mall. Penelitian ini juga menggunakan kuesioner survey pada teknik pengumpulan data studi, dengan metode linear sederhana sebagai Teknik analisis data. Hasil studi ini mendapatkan nilai signifikansi variabel inovasi produk sebesar 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 dengan nilai t hitung 12,973 > 1,982 dari t table. Berdasarkan hasil uji dapat dielaborasikan bahwa variabel inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM Kerajinan di NTB Mall.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inovasi produk; kinerja pemasaran; UMKM kerajinan NTB Mall
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 27 May 2024 01:58
Last Modified: 27 May 2024 01:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5851

Actions (login required)

View Item View Item