Wati, Nurfardiana (2022) Masalah- masalah yang di hadapi guru IPS dalam penerapan kurikulum 2013 di MTs Al-Ikhlas Donggo Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurfardiana Wati 180105158.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk yaitu: 1) Untuk Mendiskripsikan masalah- masalah apa saja yang dihadapi guru IPS dalam penerapan kurikulum 2013 di MTs Al-Ikhlas Donggo tahun pelajaran 2020-2021, 2) untuk mendeskripsikan upaya apa saja yang dilakukan dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi guru IPS dalam penerapan kurikulum 2013 di MTs Al-Ikhlas Donggo tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui hasil obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Cara pengambilan data ialah wawancara kepada informan atau subjek penelitian mengamati lokasi dan kegiatan serta menganalisis beberapa dokumentasi/arsip yang ada. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru IPS yang berkenaan dengan penerapan kurikulum 2013 di MTs Al-Ikhlas Donggo. Penelitian ini menyimpulkan beberapa masalah-masalah dan upaya yang dihadapi guru IPS dalam penerapan kurikulum 2013 di MTs Al-Ikhlas Donggo tahun pelajaran 2020-2021 yaitu dalam perencanaan pembelajaran ini yaitu: (pembuatan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, serta metode atau media yang akan digunakan), pelaksanaan pembelajaran yaitu: (sarana dan prasarana yang tidak mendukung seperti buku saku untuk guru maupun siswa, dan media pembelajaran), dalam penilaian yaitu mulai dari penilain sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam 3 penialain tersebut dibagi lagi kedalam sub-sub penilaian dan harus bersifat auntetik, keterlambatan buku atau tema masalah yang dihadapi oleh guru adalah ketika salah satu sarana dan prasana menjadi faktor penghambat bagi siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Alokasi Waktu: Masalah yang dihadapi guru adalah pemanfaatan alokasi waktu yang sangat singkat dalam proses pembelajaran, sehingga penyampaian materi belum tuntas dari waktu yang ditetapkan dalam RPP maka guru perlu memberikan tugas tambahan berupa rangkuman dan lain sebagainya kepada siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Masalah-masalah, Guru IPS dan Kurikulum 2013"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 22 May 2024 03:07
Last Modified: 22 May 2024 03:07
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5841

Actions (login required)

View Item View Item