Alwy, Muhammad Zainy (2022) Analisis strategi pemasaran produk tabungan siswa mandiri terhadap minat siswa dalam menabung studi kasus Baitul Maal Wat Tamwil Al-Iqtishady Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Zainy Alwy 170502189.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap sedikitnya jumlah nasabah yang berminat pada produk tabungan siswa mandiri yang ditawarkan BMT Al-Iqtshady, yang kemudian menjadi masalah yang berkaitan dengan sistem pemasaran yang digunakan, dengan demikian strategi marketing yang baik dan tepat merupakan langkah besar yang harus dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing produk tabungan siswa mandiri dalam meningkatkan minat siswa dalam menabung di BMT Al-iqtishady Pagesangan Mataram dan apa saja kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk tabungan siswa mandiri di BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan Manajer, karyawan dan anggota BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram. Dokumentasi melalui literatur-literatur kepustakaan, buku-buku dan sumber lainnya yang relevan dengan penelitan ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing produk tabungan siswa mandiri dalam meningkatkan meningkatkan minat menabung di BMT Al-Iqtishady menggunakan strategi produk, strategi harga, strategi tempat/distribusi, strategi promosi, strategi proses dan Fisical evidence. Adapun kendala yang dihadapi baik internal maupun ekternal adalah kemungkinan terjadi kurangnya pemahaman masyarakat terutama dalam kalangan siswa tentang BMT itu sendiri, dan juga kurangnya minat siswa dalam menabung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: marketing; tabungan; siswa mandiri
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 27 May 2024 03:35
Last Modified: 27 May 2024 03:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5835

Actions (login required)

View Item View Item