Kriizbayani, Kriizbayani (2023) Pengaruh e-commerce shopee dan uang saku terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN Mataram Angkatan 2020-2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
KRIIZBAYANI (190502200).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-Commerce Shopee dan Uang Saku terhadap Perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitiian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang berbentuk hubungan kausal yang menekankan pada pembuktian hipotesis yang telah disusun. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Selanjutnya teknik pengumpulan data dengan cara kusioner (angket) dengan jumlah responden sebanyak 100 orang mahasiswa data kemudian diolah menggunakan SPSS 22. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian E-Commerce Shopee tidak berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa FEBI UIN Mataram. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan secara parsial/individu (uji-t), bahwa variabel X1 (E- Commerce Shopee) dengan nilai signifikansi 0,889>0,05. dapat disimpulkan bahwa pengujian hipotesis X1 menolak Ha dan menerima Ho. Hal ini menunjukkan bahwa E-Commerce Shopee tidak berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif (Y) mahasiswa. Selanjutnya pada hasil penelitian Uang Saku berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif pada mahasiswa FEBI UIN Mataram. Berdasarkan hasil dari perhitungan regresi linear sebesar 0,865 yang menunjukkan bahwa E-Commerce Shopee (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif (Y) pada hasil uji parsial (X2) sebesar 0,000 dikatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku Konsumtif (Y). Serta E-Commerce Shopee dan Uang Saku berpengaruh secara bersama-sama terhadap Perilaku Konsumtif pada mahasiswa FEBI UIN Mataram. Berdasarkan hasil perhitungan uji serempak/stimultan (uji f) dengan Perilaku Konsumtif (Y) sebesar 0,000<0,05 maka hal tersebut dikatakan berpengaruh signifikansi secara stimultan antara X1 (E-Commerce Shopee)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce Shopee, Uang Saku, Perilaku Konsumtif"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 May 2024 05:35
Last Modified: 21 May 2024 05:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5828

Actions (login required)

View Item View Item