Zul Parwadi, Helmi (2023) Meningkatkan motivasi belajar siswa berbasis pembelajaran kontekstual pada mata Pelajaran Ekonomi di Kelas 1 Ma Plus Darul Hukumaini Jonggat Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
HELMI ZUL PARWADI_180105041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Bagaimana implementasi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas 1 MA Plus Darul Hukumaini Jonggat Lombok Tengah. (2) Bagaimana implikasi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas 1 MA Plus Darul Hukumaini Jonggat Lombok Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi ,wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, untuk mencari validitas data digunakan tiga teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yaitu proses analisis yang meliputi tiga komponen : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di ambil kesimpulan : 1)Implementasi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dapat di lihat dari kegiatan yang dilakasanakannya, yaitu: Guru dan juga siswa di tuntut untuk aktif dalam proses belajar mengajar, dengan adanya pembelajarn kontekstual siswa lebih mudah memahami materi. 2)Implikasi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan di terapkannya pembelajaran kontekstual membantu guru dan membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikiri,"dan juga membantu siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Motivasi Belajar,Ekonomi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 May 2024 03:33
Last Modified: 21 May 2024 03:33
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5825

Actions (login required)

View Item View Item