Desiana Putri, Ulfa (2024) Penggunaan PJBL dengan menghasilkan media ecoprint untuk meningkatkan minat dan kreativitas siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan Kelas VIII di MTs. Hidayatul Muttaqin NW Dangiang. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
UlfaDesianaPutri180104050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA "PjBL adalah sebuah model pembelajaran yang inovatif dan menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan menyelesaikan masalah secara utuh serta mengkonstruk pola fikir sendiri dan menemukan solusi secara mandiri dan realistik. Berdasarkan hasil observasi awal pada MTs. Hidayatul Muttaqin NW Dangiang mendapatkan bahwa, rendahnya minat belajar siswa, perhatian dan ketertarikan siswa pada proses pembelajaran IPA masih kurang, ketika guru memberikan pertanyaan, siswa masih terpaku dengan jawaban yang ada pada buku dan jarang mengemukakan ide-ide yang cemerlang, jarang memberikan pertanyaan kepada guru pembelajaran juga masih menggunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh penggunaan PJBL dengan menghasilkan media ecoprint dalam meningkatkan minat pada pembelajaran IPA pokok bahasan struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di MTs. Hidayatul Muttaqin NW Dangiang tahun pelajaran 2023/2024 dan mengetahui pengaruh penggunaan PJBL dengan menghasilkan media ecoprint dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di MTs. Hidayatul Muttaqin NW Dangiang tahun pelajaran 2023/2024. Motode penelitian yang digunakan adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di MTs. Hidayatul Muttaqin NW Dangiang yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif dan deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan model pembelajaran PjBL pada materi struktur dan fungsi tumbuhan berkategori sangat baik, 2)hasil minat belajar siswa pada struktur dan fungsi "tumbuhan setiap siklus mengalami peningkatan dari nilai 55,56% menjadi 85,19%. Sedangkan untuk kreativitas siswa juga mengalami peningkatan dari 11,11% menjadi 74,08%. Penerapan model PjBL dengan menghasilkan media ecoprint dapat meningkatkan minat belajar dan kreativitas siswa dengan hasil yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PjBL, ecoprint, minat belajar, kreativitas siswa, struktur dan fungsi tumbuhan."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 20 May 2024 01:37
Last Modified: 20 May 2024 01:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5814

Actions (login required)

View Item View Item