Bahrul Fikri, Muh (2024) Penerapan teknik neuro-linguistic programming untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa Kelas Xi Di Ma Hidayatullah Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muh Bahrul Fikri 190107080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini mengacu pada teknik pembelajaran pendekatan berbasis pemrograman neurolinguistik (NLP) yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris siswa kelas dua MA Hidayatullah Mataram tahun ajaran 2023 dengan menggunakan teknik pendekatan pemrograman neurolinguistik (NLP). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai metode penelitian dengan menggunakan observasi dan tes sebagai alat pengumpul data. Observasi menyelidiki penerapan pendekatan berbasis neuro-linguistic programming (NLP) dalam pengajaran dan pembelajaran dan pengembangan kemampuan menulis siswa dengan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua bahasa MA Hidayatullah Mataram, yang terdiri dari 18 siswa. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis teknik neurolinguistic programming (NLP) dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa, yang ditunjukkan dengan hasil peningkatan nilai yang signifikan pada setiap siklusnya. Terdapat dua siklus dalam penelitian ini, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Nilai rata-rata pre-test (sebelum siklus) adalah 38,8 kemudian nilai post-test 1 (siklus 1) adalah 69,11 dan 76,6 untuk post-test 2 (siklus 2). Dari pre-test ke tes kedua (post-test 2) mengalami peningkatan sebesar 88,88% yang berarti kemampuan menulis siswa meningkat dan memungkinkan untuk diterapkannya teknik NLP (Neuro-Linguistic Programming) pada siswa kelas X MA Hidayatullah Mataram tahun ajaran 2023. 88,88. untuk post-test 2 (siklus 2). Dari pre-test ke tes kedua (post-test 2) mengalami peningkatan sebesar 88,88% yang berarti kemampuan menulis siswa meningkat dan memungkinkan untuk menerapkan teknik NLP (Neuro-Linguistic Programming) pada siswa kelas dua MA Hidayatullah Mataram tahun ajaran 2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Neuro Linguistic Programming (NLP), Penelitian Tindakan Kelas (PTK
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 May 2024 04:18
Last Modified: 15 May 2024 04:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5793

Actions (login required)

View Item View Item