Zaini, Moh (2023) Pengaruh literasi digital siswa terhadap hasil belajar bahasa inggris siswa di Kelas XI MIPA SMAN 1 Praya Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MOH. ZAINI 190107081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 PrayaTimur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 1. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan program SPSS V.25. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS V.25 diperoleh hasil bahwa dari 32 responden, pada tabel diperoleh nilai F sebesar 49,361 dengan tingkat signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05 ) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa literasi digital berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas XI MIPA SMAN 1 PrayaTimur. Untuk mengetahui besarnya pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas XI MIPA SMAN 1 PrayaTimur dapat dilihat pada tabel Model Summary dengan melihat R Square sebesar 0,622 atau 62,2%. Pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa adalah siswa mempunyai kemampuan dalam mengelola teknologi informasi, siswa mampu membaca dan membangun wawasan melalui internet sehingga dapat mengkorelasikan teknologi digital dalam menunjang proses pembelajaran. Berdasarkan kategori pengujian ditemukan bahwa literasi digital memberikan pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa dengan besar pengaruh sebesar 62,2%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 May 2024 03:42
Last Modified: 15 May 2024 03:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5792

Actions (login required)

View Item View Item