Sulaiman, David (2023) Pengaruh penggunaan kollaboratif strategi reading (CSR) untuk meningkatkan pemahaman membaca pada teks naratif di Kelas Delapan MTs Darul Mahmudien NWDI Montong Gamang pada Tahun Akademik 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
David Sulaiman 180107164.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan Collaborative Strategic Reading (CSR) untuk meningkatkan pemahaman membaca pada teks naratif di kelas delapan MTs Darul Mahmudien NWDI Montong Gamang pada tahun akademik 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Collaborative Strategic Reading (CSR) dapat meningkatkan pemahaman membaca pada teks naratif di kelas delapan MTs Darul Mahmudien NWDI Montong dan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap Collaborative Strategic Reading (CSR) dalam pemahaman membaca pada teks naratif. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimental dengan pretest dan posttest satu kelompok. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur pemahaman membaca siswa pada teks naratif dan kuesioner untuk mengukur tanggapan siswa dalam pembelajaran membaca dengan menggunakan collaborative strategic reading. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 21 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa pada pretest adalah 44,09 dan skor rata-rata pada posttest adalah 81,54. Dapat disimpulkan bahwa persentase skor pada post-test lebih tinggi daripada persentase skor pada pretest dalam mengajar membaca. Hal ini menunjukkan bahwa Collaborative Strategic Reading (CSR) dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks naratif. Tanggapan siswa melalui kuesioner juga telah dihitung dalam temuan tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa semua siswa memberikan jawaban positif dan sebagian besar dari mereka mendapatkan 50%-74,99%. Skor utama siswa adalah 67,71 dari 21 siswa yang dikategorikan responsif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Membaca, Teks Narasi dan Collaborative Strategic Reading (CSR)"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 15 May 2024 02:20
Last Modified: 15 May 2024 02:20
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5789

Actions (login required)

View Item View Item