Rumilang, Lale Radmi (2022) Pengaruh self service technology terhadap loyalitas nasabah bank syariah: studi pada PT. Bank Syariah Indonesia Kcp. Praya. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lale Radmi Rumilang 180502203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Layanan Perbankan terus berupaya untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman terbaik bagi nasabahnya, tidak terkecuali Bank Syariah. Self service technology dapat memudahkan nasabah dalam menyelesaikan transaksi sehari- hari tanpa harus ke bank karena dalam hal akses jarak jauh. Layanan digital yang diberikan bank syariah untuk memenangkan persaingan dengan bank lainnya adalah layanan Automatic teller machine (ATM), Mobile Banking dan Internet Banking. Loyalitas nasabah adalah orang yang melakukan pembelian berulang secara teratur, membeli antar lini produk atau jasa, mereferensikan kepada orang lain dan menunjukkan kekebalan terhadap tarikan dari pesaing. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pengguna Self service technology (Automatic teller machine (ATM), Mobile Banking dan Internet Banking) Bank Syariah Indonesia KCP Praya yang jumlahnya pada tahun 2022 sebanyak 8.639. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Automatic teller machine (ATM), Mobile Banking, Internet Banking berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Praya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa self service technology memberikan dampak yang positif terhadap loyalitas terbukti menjadi variabel mediasi. Hasil ini memberikan wawasan bagi perusahaan lain untuk berinvestasi dalam teknologi baru guna meningkatkan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self service technology; loyalitas; nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:18
Last Modified: 23 Apr 2024 01:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5737

Actions (login required)

View Item View Item