Yuliatmi, Dian Mauliyan (2022) Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada produk tabungan BTN Batara IB di Bank BTN Kantor Cabang Syariah Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Dian Mauliyan Yuliatmi 180502078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita bahwa perkembangan perusahaan di Indonesia dari tahun ke tahun sangatlah pesat. Hal ini terjadi pula pada lembaga keuangan seperti Perbankan. Perkembangan ini menuntut setiap bank untuk mempertahankan hubungan baiknya dengan para nasabah. Sebab nasabah memiliki posisi penting dalam mencantumkan hidup dan matinya usaha perbankan. Banyak cara dilakukan untuk mempertahankan hubungan nasabah dengan bank. Salah satunya dengan mengimplementasikan konsep Customer Relationship Management (CRM). Atas dasar inilah penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi strategi Customer Relationship Management (CRM) pada produk Tabungan BTN Batara iB di Bank BTN kantor cabang syariah Mataram. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank BTN Kantor Cabang Syariah Mataram dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan atau mendeskripsikan model implementasi CRM. Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi CRM pada produk Tabungan BTN Batara iB di Bank BTN KCS Mataram meliputi tiga komponen yaitu : (1) Komponen People (orang). Dalam hal ini Bank BTN KCS Mataram melibatkan berbagai jajaran seperti Consumer Commercial Funding Unit Head hingga ke Customer Service dalam implementasi CRM. (2) Komponen proses yang terdiri atas lima tahapan yaitu (a) Tahap Identifikasi, (b) Tahap Diferensiasi, (c) Tahap Kustomisasi, (d) Tahap Berbagi Informasi, dan (e) Tahap Kemitraan Jangka Panjang. (3) Komponen Teknologi yang terdiri atas dua bagian yaitu : (a) Teknologi berbasis CRM, (b) Otomatisasi layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: customer relationship management; tabungan btn batara ib; produk
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:54
Last Modified: 20 Feb 2024 06:54
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5446

Actions (login required)

View Item View Item