Hasanah, Sonia Saevi (2021) Pola pengasuhan santri dalam mengatasi bullying pada santri Pondok Pesantren Al-Kamal NW. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sonia Saevi Hasanah 170602084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang pola pengasuhan santri dalam mengatasi bullying di pondok pesantren Al-Kamal NW karena persoalan bullying dalam kehidupan masyarakat sudah tidak asing lagi bahkan dalam lingkungan pesantren. Bullying yang sering terjadi dalam pondok pesantren AL-Kamal NW berupa tindakan memukul dan memalak, memanggil nama tidak sesuai dengan nama asli, kemudian pemaksaan untuk dilayani. Permasalahan ini biasanya sering terjadi pada saat kedatangan santri baru kemudian ketika banyaknya kegiatan yang kosong menjadikan mereka memiliki peluang untuk melakukan hal tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pola pengasuhan santri dalam mengatasi bullying di pondok pesantren AL-Kamal NW. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus untuk memahami, dan meneliti suatu masalah yang telah terjadi. teknik pengumpulan data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara induktif yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak tiga informan yaitu pengasuh sebagai informan kunci, santri/santri wati sebagai informan utama dan ustadz/ustadzah sebagai informan pendukung. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di pondok pesantren Al-Kamal NW menunjukkan bahwa pola pengasuhan santri dalam mengatasi bullying di pondok pesantren Al-Kamal NW adalah melakukan pendekatan melalui komunikasi langsung dengan yang terkait kemudian dilakukan proses mediasi sekaligus melakukan penindakan memberikan sangsi bagi pelaku. Dan melalui beberapa pendekatan yakni membentuk komando atau aturan pesantren, kemudian memberikan pendidikan akhlak yang mengarah kepada sikap spritual anak, dan memberikan motivasi tentang bagaimana keutamaan dan kemuliaan orang yang membiasakan akhlak baik, yang terakhir memberikan apresiasi terhadap santri yang mengamalkan akhlak baik. Pengasuh dan ustadz/ustadzah lain di pesantren Al-Kamal NW ikut serta dalam membimbing santri yang melakukan tindakan bullying pada santri lain, dengan adanya tindakan pencegahan dari pengasuh, dapat meminimalisir terjadinya pembullyian antar santri di Pondok Pesantren AL-Kamal NW.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bullying; pola pengasuhan; santri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:05
Last Modified: 16 Jan 2024 01:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5328

Actions (login required)

View Item View Item