Saputra, Rendi (2022) Konstruksi sosial nilai-nilai islam inklusif: studi atas nilai-nilai inklusif dalam merespon perubahan sosial keagamaan di Pondok Pesantren Nurul Iman NW Pengembur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Rendi Saputra 180602073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan islam yang sifatnya tradisional atau mengunakan corak lama dalam mempelajari, memahami, dan mengamalkan ajaran agama islam dengan menekankan pentingnya moral agama islam sebagai pedoman hidup sehari-hari.sangat penting bahwa pesantren bukan hanya membahas tentang corak dan sifatnya yang tradisional akan tetapi lebih pada membahas dan menjawab realitas-realitas ataupun perubahan sosial yang menjadi tantangan di dalam pondok pesantren itu sendiri. Yang menjadi persoalan penting berdasarkan realitas sosial di dalam pondok pesantren saat ini adalah bagaimana kontribusinya terhadap persoalan Inklusivitas atau keterbukaannya terlebih pada sistematik pendidikan dan pengelolaannya yang berwatak inklunsif untuk diarahkan kepada santri serta masyarakat guna untuk merespon perkembangan zaman yang semakin maju dan majemuk. Nilai-nilai yang bersifat terbuka ini memang harus di terapkan dan menjadi tabiat utama sebuah pondok pesantren dalam memberi respon terhadap perubahan sosial yang terjadi. Dalam perspektif konstruksi sosial atas realitas peter L Berger dan Thomas Luckman, untuk membangun nilai-nilai islam yang berwatak inklusif di pondok pesantren dapat dilihat melalui tiga konsep kunci dialetika yaitu antara eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Melalui (eksternalisasi) menggambarkan bagaimana sistem nilai tersebut dibangun berdasarkan pada tradisi keilmuan islam yang bermuara pada Al-Qur’an dan Al-Hadits, dari proses itulah kemudian bagaimana tindakan individu mampu menciptakan realitas sosial dan mampu menjadi sesuatu yang dapat diterima oleh sistem (lembaga) atau masyarakat atas realitas tersebut (objektivasi), pandangan ini kemudian memunculkan sistem nilai (internalisasi) sebagai suatu yang terlembagakan. Adapun tujuan dan fokus dari penelitian ini yakni ingin mengetahui konstruksi sosial nilai-nilai Islam Inklusif yang terdapat pada pondok pesantren Nurul Iman NW Pengembur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan sumber data kunci, utama dan pendukung, pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara dam dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi sosial nilai-nilai Islam inklusif di pondok pesantren Nurul Iman NW Pengembur ialah mengembangan lembaga non-formal, keterbukaan atas tata kelola atas manajarial atau kepemimpinan, adanya peran perempuan dalam konstruksi sosial gender serta keterbukaan terhadap lembaga dan keorganisasian masyarakat lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: islam inklusif; konstruksi sosial; perubahan sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:11
Last Modified: 15 Jan 2024 01:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5317

Actions (login required)

View Item View Item