Nova, Melia (2022) Penerapan dialog mandiri untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X MA Darussalam Beremi Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MELIA NOVA 180107155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (40MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui penerapan teknik self-directed dialog, dan aktivitas siswa ketika Self-directed Dialogue diterapkan pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas I MA DArussalam, Beremi. untuk tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini membahas tentang teknik self-directed dialog untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai metode penelitian dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Observasi dilakukan untuk mengetahui penerapan teknik self-directed dialog selama proses belajar mengajar sedangkan tes digunakan untuk mengukur prestasi siswa dalam keterampilan berbicara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas pertama MA Darussalam Beremi yang berjumlah 21 siswa. Peneliti menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif dalam menghitung dan menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik dialog mandiri dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini terlihat dari hasil peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Dalam penelitian ini terdapat dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Skor sebelum melakukan siklus adalah 48, hasil tes 1 adalah 74,43 dan tes kedua adalah 84,43. Artinya kemampuan berbicara siswa meningkat dan berhasil dengan menerapkan teknik self-directed dialog di kelas I MA Darussalam Beremi tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dialog mandiri, Kemampuan berbicara, MA Darussalam Beremi"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160506 Education Policy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:34
Last Modified: 28 Dec 2023 03:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item