Baehaki, Baehaki (2022) Pengaruh media sosial terhadap sosial keagamaan mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Baehaki 180602018 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

INDONESIA Dengan berkembangnya zaman, berkembang pula tekhnologi komunikasi yang ada di Indonesia. Lantaran hal tersebut munculah tekhnologi komunikasi baru yang memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi atau menggali informasi agar tetap terhubung dengan individu lainnya secara instan dan praktis yaitu media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap sosial keagamaan mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram. Adapun penelitian ini dilakukan di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram pada mahasiswa angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Method dengan menggunakan survey. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tekhnik Simple Random Sampling dengan responden berjumlah 76 mahasiswa. Dan tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang diolah dengan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh terhadap sosial keagamaan mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram angakatan 2018. Hal ini dibuktikan dengan nilai T hitung lebih besar daripada T tabel yaitu 5,904 > 1,992 dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05. Dan koefisien determinasi (R2) sebesar 32,1%, yang artinya variabel penggunaan media sosial (X) mempengaruhi variabel sosial keagamaan (Y) sebesar 32,1%. Hasil perhitungan kuantitatif ini juga diperkuat dengan hasil wawancara kualitatif dengan teori tindakan sosial oleh Max Weber. Dimana aspek-aspek seperti politik,ekonomi, sosial, dan agama dalam penggunaan media sosial berpengaruh terhadap tindakan sosial keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media sosial; sosial keagamaan; mahasiswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:04
Last Modified: 04 Jan 2024 01:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5238

Actions (login required)

View Item View Item