Thalib, Nurbaiti (2023) Penerapan metode gerak dan lagu dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Arab Anak Usia Dini di TK IT Al-Imam Asy-Syafi'i Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurbaiti Thalib (190110096).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Arab pada anak usia dini (Kelompok A usia 4-5 tahun) di TK IT Al-Imam Asy-Syafi'i Mataram dengan menggunakan metode gerak dan lagu. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pada pembelajaran terutama pembelajaran Bahasa Arab yang kurang sesuai pada usia anak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian yaitu kelompok A TK IT Al-Imam Asy-Syafi'i yang berjumlah 12 anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dalam satu siklus terdapat tiga kali pertemuan dengan empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan presentase sebesar 62,96% pada kriteria cukup baik dan aktivitas anak menunjukkan presentase sebesar 60,64% kategori cukup baik. Pada aktivitas guru terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 81,48% kategori baik dan aktivitas anak sebesar 81,48% kategori baik. Hal ini berarti aktivitas guru menunjukkan kriteria terlaksana dengan sangat baik. Sedangkan perkembangan kemampuan Bahasa Arab anak pada siklus I sebesar 46,52% kategori kurang baik, anak belum mampu mengenal pembelajaran Bahasa Arab, menyebutkan kosa kata (mufradat) Bahasa Arab. Kemampuan Bahasa Arab anak mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 79,16% kategori baik, anak mampu mengenal pembelajaran Bahasa Arab, mampu menyebutkan kosa kata (mufradat) Bahasa Arab. Berdasarkan hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode gerak dan lagu dapat mengembangkan kemampuan Bahasa Arab anak usia dini di TKIT Al-Imam Asy-Syafi'i.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode Gerak dan Lagu, Kemampuan Bahasa Arab, Anak Usia Dini"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:54
Last Modified: 05 Dec 2023 01:54
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5179

Actions (login required)

View Item View Item