Hasanah, Aulia (2023) Problematika guru dalam menyusun perangkat pembelajaran di TK Nahdhatul Ummah Desa Golong Kecamatan Narmada. Diploma thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Aulia Hasanah 190110082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap problematika guru dalam menyusun perangkat pembelajaran di TK Nahdahtul Ummah Desa Golong Kecamatan Narmada, peneliti menemukan bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti program mingguan, program harian dan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dan untuk mengetahui kendala guru untuk mengatasi problem dalam menyusun perangkat pemebelajaran di TK Nahdhatul Ummah Desa Golong Kecamatan Narmada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Mulles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesulitan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran di TK Nahdahtul Ummah Desa Golong Kecamatan Narmada yaitu: kesulitan guru dalam menyusun RPPH seperti kesulitan guru dalam merumuskan kompetensi dasar menjadi indikator, kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran, kesulitan dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran, dan kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian. kesulitan guru dalam menyusun RPPM yaitu, kesulitan dalam merumuskan KD ke dalam aspek perkembangan, kesulitan guru dalam menyusun rencana kegiatan dan kesulitan guru dalam membuat media pembelajaran. (2) Kendala guru untuk mengatasi problem dalam menyusun perangkat pembelajaran di TK Nahdhatul Ummah Desa Golong Kecamatan Narmada disebabkan oleh: keterbatasan waktu, pengalaman mengajar, kondisi dan karakteristik peserta didik, serta keterbatasan sarana dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: problematika Guru, Perangkat Pembelajaran"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:18
Last Modified: 04 Dec 2023 04:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item View Item