Retnosari, Titik (2023) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI di Kelas V MI Riadhul Ulum Ampenan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
TITIK RETNOSARI - 190106205.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V MI pada mata pelajaran SKI di MI Riadhul Ulum Ampenan. Kemampuan berpikir kritis penting dimiliki oleh siswa terutama dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dengan kemampuan berpikir kritis siswa dapat mengambil keputusan yang baik dan mampu menganalisis informasi dengan kritis. juga dapat mempersiapkan siswa dalam menghadapi banyak tantangan yang akan muncul dalam hidup mereka, karir dan pada tingkat kewajiban dan tanggung jawab pribadi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsiskan Kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI pada mata pelajaran SKI di MI Riadhul Ulum Ampenan, (2) kendala yang dihadapi siswa dalam mengembangkan kemapuan berpikir kritis, (3) cara mengatasi kendala yang dihadapi siswa dalam mengembangkan kemapuan berpikir kritis pada mata pelajaran SKI dikelas V MI Riadhul Ulum Ampenan Tahun pelajaran 2022/2023. Jenis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MI Riadhul Ulum Ampenan tahun pelajaran 2022/2023. Sumber data pada penelitian ini adalah Guru dan Siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Verifikasi). Pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Creadibility (perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, coding data, dan kecukupan referensi), Transferability, Dependability, dan Connfirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI dikelas V MI Riadhul Ulum Ampenan 6 indikator yaitu interpetasi, analisis, evaluasi, inferensi, ekspanasi, dan regulasi diri. (2) kendala yang dihadapi siswa kelas V dalam mengembagkan kemampuan berpikir kritis pada Mata Pelajaran sebagai berikut yaitu kondisi fisik Siswa, kecemasan, dan guru keseulitan menggunakan media pembelajaran. (3) cara mengatasi kendala yang dihadapi siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis di MI""Riadhul Ulum Ampenan pada mata pelajaran SKI yaitu pemberian tugas/ evaluasi siswa, menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Serta memberikan reward untuk menambah semangat siswa sehingga dapat semangat dan motivasi siswa untuk berkonsentrasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan Berpikir Kritis, SKI, Siswa Kelas V"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:17
Last Modified: 04 Dec 2023 03:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5164

Actions (login required)

View Item View Item