Nurhaliza, Siti (2023) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 3 MI NW Selong Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Nurhaliza 190106111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa masih rendahnyan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 3 pada materi waktu di MI NW Selong. Salah satu upaya dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model problem based learning pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based leraning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 3 MI NW Selong Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantikatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel yang digunakan yaitu semua siswa kelas 3 di MI NW Selong berjumlah 35 dengan teknik sampel total. Siswa kelas 3 A berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 3 B berjumlah 17 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen tes meliputi: validitas, reliabilitas. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t di proleh nilai signifikan< 0,05 (nilai sig. 0,03), maka dapat di sumpulkan Ho ditolak yang berarti hipotesis Ha diterima. Artinya ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas 3 MI NW Selong Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:03
Last Modified: 04 Dec 2023 03:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item