Humairoq, Siti (2023) Strategi guru kelas dalam membangun budaya religius di SDN 4 Batujai Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Humairoq_190106104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap faktor-faktor penyebab rendahnya budaya religius di SDN 4 Batujai Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Ada beberapa siswa yang mengalami rendahnya pemahaman terhadapbudaya religius dikarenakan ada faktor-faktor yang mempengaruhi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas dalam membangun budaya religius di SDN 4 Batujai dan Hambatan-hambatan guru kelas dalam membangun budaya religius di SDN 4 Batujai Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data (reduction), penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru kelas dalam membangun budaya religius adalah: a) Memahami masing-masing karakter peserta didik, karena karakter berbeda-beda. b) Mengelompokkan kemampuan-kemampuan peserta didik dalam memahami baca tulis Al-Qur'an dan membimbingnya dalam praktik membaca. c) Guru mempersiapkan sarana dan prasarana kegiatan belajar keagamaan di sekolah sesuai dengan kemapuan-kemampuan pesera didik. 2) Hambatan-hambatan guru kelas dalam membangun budaya religius adalah: a) Tidak fokus/bermain saat kegiatan keagamaan berlangsung. b) Sarana dan prasarana di sekolah kurang memadai. c) Banyak peserta didik yang belum bisa baca Al-Qur'an. d) Minat dan daya tarik terhadap keagamaan minim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi Guru Kelas, Budaya Religius"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:37
Last Modified: 04 Dec 2023 02:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item View Item