Marfon Saputra, Shandy (2023) Implementasi metode pendidikan anak dalam kandungan di suku sasak (Studi Kasus Di Desa Kidang Kecamatan Praya Timur). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
SHANDY MARFON SAPUTRA (170101101).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengatahui bagaimana cara masyarakat dalam mengaplikasikan pendidikan anak dalam kandungan di Desa Kidang Kecamatan Praya Timur. Pada dasarnya pendidikan anak sejatinya sudah dimulai sejak dalam kandungan, yang dimana hal ini diperlukan stimulus-stimulus pendidikan dari orang tua, terutama dari seorang ibu yang mengandungnya. Karena pendidikan dalam kandungan (pranatal) belum merupakan pendidikan yang sebenarnya, proses pendidikannya secara tidak langsung tertuju kepada anak, tetapi kepada ibunya yang bertujuan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin yang masih berada dalam kandungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian yang menjadi sumber data adalah ibu hamil di desa Kidang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilaksanakan dengan menggunakan uji triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif, yaitu pengumpulan data, condensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan." "Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman ibu hamil di desa Kidang tentang pendidikan pranatal serta tujuan dari pendidikan itu sendiri bisa dikatakan sangat cukup baik. Mereka percaya bahwa anak dalam kandungan sudah bisa dididik dan direncanakan sesuai harapan orang tua kelak memiliki kecerdasan dan keindahan akhlak. Pendidikan itu berupa stimulasi, sentuhan, komunikasi, dan juga pendidikan tidak langsung yang diusahakan dan dilakukan oleh ibu, baik dalam bentuk usaha psikis maupun fisik. Efek stimulasi yang mereka ceritakan gerakan dan tendangan anak dalam kandungan sangat terasa lebih kuat dan kencang. meskipun demikian ada juga ibu hamil didesa kidang masih belum terlalu paham tentang pendidikan anak dalam kandunga akan tetapi dalam penerapannya sudah terlaksana denga sendirinya. Masyarakat desa Kidang sendiri memiliki cara tersendiri untuk mendidik anak dalam kandungan yakni dengan tradisi bisok tian atau beretes meskipu dalam pengaplikasiannya sudah banyak yang disederhanakan oleh perkembangan zaman namaun hal itu tidak mengurangi nilai dan norma yang terkandung dari tradisi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, Pendidikan Pranatal, Bretes atau Bisok Tian"
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160301 Family and Household Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:12
Last Modified: 01 Dec 2023 07:12
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5159

Actions (login required)

View Item View Item