Octaviana, Nur (2023) Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA SDN 31 Ampenan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nur Oktaviani 190106019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan oleh beberapa masalah yang sering muncul dari kegiatan pembelajaran di kelas. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA ditandai dengan tidak tuntasnya nilai ulangan harian siswa masih banyak siswa yang dapat nilai dibawah KKM. Sebanyak 65 % atau 14 orang siswa tidak tuntas dari KKM. Dan yang tuntas hanya sebanyak 45 % siswa. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya sebatas metode ceramah saja, hal ini juga mengakibatkan kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan kebanyakan siswa cenderung pasif dan hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA di kelas IV SDN 31 Ampenan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II Siklus. Penelitian ini meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan observer (peneliti), jenis instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa dan lembar pedoman observasi guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal dan data kualitatif untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam keterlaksanaan model problem based learning oleh siswa dan guru. Hasil analisis data menujukkan peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru, dan aktivitas siswa di setiap siklus. Adapun peningkatan hasil belajar yaitu ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 61,2 % (Siklus I) menjadi 87,09 % (Siklus II), atau mengalami peningkatan sebesar 27,7 %. Sementara nilai aktivitas guru mengalami peningkatan dari 73,91 (Siklus I) menjadi 86,95 (Siklus II) dengan peningkatan sebesar 12,99. begitu juga dengan nilai aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 78, 18 (Siklus I) menjadi 85,45 (Siklus II) mengalami peningkatan sebesar 7,27 %. Berdasarkan hasil analisis data tersebut penelitian dinyatakan berhasil dikarenakan ketuntasan klasikal 2'85, aktivitas guru berkriteria terlaksana baik dan aktivitas siswa berkriteria sangat aktif. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa problem based learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 31 Ampenan tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:59
Last Modified: 01 Dec 2023 02:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item